0
Memperkenalkan diri (jikoshoukai) じこしょうかい

はじめまして、
(hajimemashite)
perkenalkan
(Kata Hajimemashite ini hanya digunakan kepada orang yang baru di temui untuk pertama kalinya)

わたし は カリナ です。
(watashi wa karina desu.)
saya karina.

わたし は がくせい です。
(watashi wa gakusei desu.)
saya seorang pelajar.

よろしくおねがいします。
(yoroshiku onegaishimasu.)
senang berkenalan dengan anda.

Untuk membuat kalimat perkenalan seperti di atas, berikut di jelaskan penggunaan Pola kalimat nya..

~ は ~ です。
(~ wa ~ desu.)
contoh : わたし は カリナ です。
watashi wa karina desu ( Saya adalah karina.)

~ は ~ じゃありません。 = menyatakan bukan
(~ wa ~ jya arimasen.)
contoh : わ たし は カリナ じゃありません。
watashi wa karina jya arimasen (saya bukan Karina)

~ですか。
(~ desuka.) = fungsinya untuk bertanya kepada seseorang.
contoh : あなたはカリナさんですか。
Anata wa Karina san desuka. (apakah anda karina?)

(+) はい ~ です。
(hai ~ desu.)
untuk kalimat positif, yang menyatakan "ya, ~~~~"
contoh : はい、わたしはカリナです。
Hai, watashi wa karina desu. (Ya, saya adalah karina)

(-) いいえ ~ じゃありません。
(iie ~ jya arimasen)
Contoh : いいえ、わたしはカリナさんじゃありません。
Iie, watashi wa karina san jya arimasen. (Tidak, saya bukan karina )
untuk kalimat atau jawaban negatif, yang artinya "tidak, bukan ~~"

Keterangan :
~は (ha) merupakan partikel yang berfungsi sebagai penanda subjek. dan di baca sebagai 'wa'

Nah.. sekarang sudah tau bagaimana cara memperkenalkan diri dan membentuk kalimatnya kan? silahkan latihan memperkenalkan diri ya..

Posting Komentar

 
Top